1. Home
  2. /
  3. Headline News
  4. /
  5. Kunjungi Lapas di Batam,...

Kunjungi Lapas di Batam, Dinas PMD & Dukcapil Kepri Selesaikan Data Kependudukan 183 Warga Binaan

May 11, 2022

Kepala Dinas PMD Kepri Misni SKM M.si (tengah) disambut di Pintu masuk Lapas, usai penyerahan KTP El, Jumat (01/04)

Sebanyak 183 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Umum Kelas IIA Kota Batam kini telah memiliki data administrasi kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

Kelengkapan data kependudukan terhadap warga binaan ini merupakan salah satu wujud konkret Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Kepulauan Riau, agar seluruh warga masyarakat di Kepri memiliki data kependudukan.

Saat kunjungan di Lapas Kelas IIA Batam Jumat (01/04).

Sebanyak 183 KTP-EL milik warga binaan Lapas Umum Kelas IIA Kota Batam itu, diserahkan langsung oleh Kepala Dinas PMD dan Dukcapil Kepri, Misni SKM, M.Si kepada Kepala Lapas Umum Kelas IIA Kota Batam, DANNIE FIRMANSYAH, A.Md.I.P., S.Sos. pada hari Jumat, 1 April 2022 di Lapas Umum Kelas IIA Batam.

Kepala Dinas PMD dan Dukcapil Kepri, MISNI, SKM, M.Si melalui Sekretaris Dinas PMD dan Dukcapil, La Ode Ardian mengatakan bahwa warga binaan yang akan menerima KTP Elektronik itu, sebelumnya telah melakukan perekaman data pada bulan Desember 2021.

Foto bersama di Lapas Kelas II A Batam

“Pemprov dan Pemko Batam telah melakukan perekaman data pada bulan Desember 2021,”terang La Ode kepada suarabirokrasi.com.

Lanjut La Ode Ardian menjelaskan status calon penerima KTP Elektronik adalah warga binaan yang rata-rata tidak memiliki data diri, salah satunya belum pernah melakukan perekaman data.

“Akibat tidak punya data kependudukan, warga binaan ini juga mengalami banyak kendala salah satunya untuk kebutuhan kegiatan kesehatan seperti vaksin,”terang La Ode, melalui WA, senin (04/04/2022).

Kepala Dinas PMD&Dukcapil Kepri Misni SKM M.Si menyerahkan KTP El kepada Kepala Lapas Umum Kelas IIA Kota Batam, DANNIE FIRMANSYAH, A.Md.I.P., S.Sos, Jumat, 1 April 2022

Dirinya optimis kedepannya seluruh warga binaan akan mendapatkan data kependudukan untuk membantu warga binaan untuk urusan lainnya, saat masih menjalani masa hukuman, maupun saat kembali di tengah masyarakat.

“kedepan seluruh warga binaan baik itu yg ada di lapas, di rutan di seluruh wilayah kepri akan dilakukan perekaman yang dilakukan oleh Dukcapil pemprop dibantu dukcapil kab/kota),”ungkap La Ode Adrian.